Rabu, 10 Mei 2017

TEMPAT PEMBIBITAN POHON JATI - Kedungjati

IG : muhammad_teguh_w

Pohon jati sebagai JATIDIRI Kedungjati.
sebagai masyarakat kedungjati pasti sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan pohon jati.
Pohon jati adalah tumbuhan pohon  penghasil kayu bernilai ekonomi tinggi, dalam dunia kerajinan mebel dll kayu ini lah yg paling banyak dicari karena mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis kayu lainya

Pohon Jati bisa disebut sebagai JATIDIRI kec.kedungjati karena nama kedungjati diambil dari kata JATI.

beberapa waktu lalu ada yang bertanya apa kedungjati masih banyak jati seperti dulu, bukanya sekarang sudah diganti KEDUNGJAGUNG ya ?

Miris jika mendengar perkataan itu dari KEDUNGJATI menjadi KEDUNGJAGUNG tapi saya tidak bisa berbuat apa - apa kan jatinya itu milik perhutani jadi mereka lah yang berhak mengelola baik dari menanam hingga pemanenan.

Kenapa sekarang banyak jagung ?? Karena perhutani dengan masyarakat bekerja sama saling menguntungkan biasanya sebelum membuka lahan milik perhutani untuk bercocok tanam warga diwajibkan menandatangani hitam diatas putih terlebih dahulu agar tidak hanya menggarap tapi juga ikut membantu menjaga pohon jati agar tanaman utama mereka tidak lenyap diambil sama pencuri, disisi lain warga juga mendapat keuntungan karena mereka diperbolehkan bercocok tanam dilahan perhutani.

Sepanjang jalan raya GUBUG - KEDUNGJATI - NGOMBAK, KEDUNGJATI - PADAS dan yg terakhir KEDUNGJATI - KARANGLANGU dulu masih sangat lebat namun sekarang sudah habis dipanen sama perhutani, setelah dipanen biasanya langsung ditanam bibit kayu jati lagi oleh perhutani.

Lokasi pembibitan kayu jati dikedungjati berada didusun Ngawurejo ds.kentengsari kec.kedungjati kab.grobogan

Tempat pembibitan jati ini juga lagi nge HITS dikedungjati, setelah ada beberapa warga yg memposting diinstagram tentang keberadaan tempat pembibitan jati ternyata langsung mendapat tanggapan positif dari akun instagram "infokedungjati" akun seputar kecamatan kedungjati dengan basis pengikut terbanyak ini langsung ikut mempromosikanya

Tak lama kemudian para pengunjung mulai berdatangan.
Berikut foto - foto yang saya kumpulkan dari warga kedungjati yg sudah berkunjung kelokasi


IG : tuluswidianto

IG : meldyraditya
Saya berharap suatu saat tempat ini menjadi tempat wisata edukasi bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar