Minggu, 22 Januari 2017

SONDE petilasan sunan KALIJAGA





PETILASAN SONDE KEDUNGJATI
Adanya petilasan SONDE ( Ngaso Lan Semende ) di Kedungjati, berhubungan dengan akan dibangunya MESJID AGUNG DEMAK dan kerajaan Demak Bintoro. Adanya petilasan tersebut, terjadi karena Kanjeng Sunan Kalijaga beristirahat sejenak dan melepas lelah saat sunan kalijaga kelelahan mencari kayu jati.




TERJADINYA PETILASAN SONDE.
Singkat cerita, Kanjeng Sunan Kalijaga saat memimpin para Santri yang sedang bekerja sudah mulai merasa kelelahan, maka sunan kalijaga langsung istirahat dan bersandar di pohon RANDU ALAS. Karena angin sumilir(sepoi2), membuat Kanjeng Sunan Kalijaga tertidur lelap sambil bersandar(semende) dipohon RANDU ALAS tadi. Hingga memuat para santri tidak ada berani membangunkan, malah membuat pekerjaan diperpelan suaranya agar suara gemuruh tidak membuat Kanjeng Sunan Kalijaga terbangun. Oleh para Santri tempat tadi dinamakan SONDE. Yang berarti NGASO LAN SEMENDE ( istirahat dan bersandar ).

Petilasan Sonde tadi lokasinya ada di Kedungjati, atau tepat berada didepan kantor Kecamatan sekarang, adanya disebrang jalan kantor kecamatan kedungjati. Petilasan tadi hingga sekarang masih terus dijaga warga desa, malah sonde tadi dijadikan PUNDEN.
POHON RANDU ALAS ( randu hutan ) yang dibuat tidur Kanjeng Sunan Kalijaga, hingga sekarang masih BERDIRI KOKOH jika dari arah gubug/purwodadi ada sisebelah kiri jalan, jika dari arah kota salatiga ada dikanan jalan setelah pasar -/+500m dari pasar kedungjati dan berada ada pinggir kali Tuntang.
Masih ada warga desa Kedungjati atau warga desa lainya, yang berdatangan dipetilasan Sonde tadi. Katanya hari yang paling baik buat ziarah disonde adalah hari selasa Kliwon dan Jum’at Kliwon.


sumber : Kluyuran/Mbah Bedjo

1 komentar:

  1. Sekedar masukan tambahan tempat bersejarah dan religi ada di kedungjati yaitu alas ngupian...yg sekarang saya baru menggali sejarah tentang alas ngupian yg konon itu buat paseban para wali dlm pendirian keraton demak dan masjid agung demak..tolong kita gali bersama mudah" an kedepan nya bisa jd sejarah religi di kedung jati.alas ini terletak di barat tpk kedungjati yg arah ke dukuh kedungbunder rw 11 kedungjati ..dahulu setiap hari tertentu ada terdengar suara gamelan mengiringi tayub dari alas ngupian.yg hanya bisa di dengar tapi tdx bisa melihat wujudnya.mari kita bersama gali potensi religi di desa kedungjati yg semua nanti berhubungan dgn keraton demak dan wali 9..terimakasih hanya sekedar saran.

    BalasHapus